#CERPEN – Batu Giok Kaisar Langit (Fajar Sumatera, 21 Agustus 2015)

Magi Cetak

Kumcer “Magi Perempuan dan Malam Kunang-kunang”, Penerbit Gramedia Pustaka Utama sudah tersedia di toko buku. Harga Rp 48.000

SEMALAM, Zao Ang bermimpi didatangi laki-laki tua berjanggut putih panjang. Saking panjangnya, Zao yakin janggut lelaki tua itu hampir mencapai pusar. Namun bukan itu yang membuat Zao menganggap mimpinya istimewa serta mendorongnya segera menggali tanah di samping pokok pacar cina yang ada di halaman belakang rumahnya, ketika pagi masih remang, tetapi ….

Baca lebih lanjut

Dipublikasi di cerpen | Meninggalkan komentar

#CERPEN – Dongeng Boneka Nyai Djelema (Kedaulatan Rakyat, 23 Agustus 2015)

KR

Foto kiriman Redy “Ugeng” Kuswanto via Facebook

DULU, sebelum dia kehilangan wajah dan memutuskan jadi boneka. Tokoh cerita kita seorang gadis jelita. Kita sebut saja namanya Djelema. Sebab begitulah suaminya yang berdarah Belanda itu memanggilnya: Djelema.

Baca lebih lanjut

Dipublikasi di cerpen | 2 Komentar

#CERPEN – Bolu Delapan Jam (Kompas, 23 Agustus 2015)

Ilustrasi Kompas

Kompas, 23 Agustus 2015, halaman 27

Lebaran tanpa bolu delapan jam bukanlah Lebaran bagi ayah. Anehnya walaupun ibu positif mengidap diabetes kering, ayah tetap saja meminta ibu membuat bolu ini saat Ramadhan memasuki hari-hari terakhir-pastinya saat Lebaran ibu harus mencicipi juga. Bagiku, menyuruh ibu membuat bolu ini sama saja membunuh ibu secara perlahan. Kadar gula bolu ini berlipat-lipat, gigimu akan ngilu saat gigitan pertama menyentuh lidah. Ganjilnya ibu tak mengeluh, tak membantah, tetap memenuhi permintaan ayah. Mungkin benar cinta dan kesetiaan membuat orang rela melakukan apa pun termasuk mati. Namun, apakah benar cintalah yang membuat ibu seperti itu? Bertahun kemudian, aku tahu jawabannya.

Baca lebih lanjut

Dipublikasi di cerpen | 2 Komentar

#TIPSNULIS – Alasan-alasan Klise Naskahmu Ditolak.

Alasan-alasan klise naskahmu ditolak:
1. Temamu basi dan sialnya lagi cara pengemasan ceritamu juga basi. Kebanyakan makan makanan basi bisa bikin keracunan dan berujung kematian. Jadi bayangkan saja editor yang membaca tema dan pengemasan basimu; keracunan dan ujungnya kolaps.
2. Tulisanmu kacau. Astaga! Editor sampai harus melambaikan tangan ke kamera gara-gara tanda baca dan EyD-mu seenak udelmu dewek. Kalau nemuin naskah atas namamu di masa-masa mendatang, dia pasti menjerit histeris dan meminta resign. Pasti bos di kantornya perlu memanggil paranormal untuk menenangkannya.
3. Tebal naskah. Ya ampun, naskahmu kalau tipis kurus banget kayak kena gizi buruk atawa busung lapar. Sementara kalau ketebalan, kayak kena obesitas. Kan editor bingung mau cetaknya nanti. Yang tipis kayak buku teka-teki silang, yang ketebalan kayak bantal. Patuhi dong tebal naskah yang diminta.
4. Sinopsismu ngajak berantem. Editor itu butuh tahu segala hal tentang ceritamu secara ringkas dari awal sampai akhir, bukan diajak main tebak-tebakan. Woi, kamu tahu kan beda blurb dan sinopsis?
5. Salah alamat. Kalau naskahmu tentang tata cara merawat kebo bunting dengan baik dan benar, jangan dikirim ke penerbit yang cari naskah novel horor. Sampe tuh kebo lahiran, nggak bakalan naskahmu diterima. Kecuali kalau tuh kebo ternyata vampir atawa dracula.
6. Nasibmu sial. Iye, nasib sial. Udah gitu aja. Sebagus apa pun naskahmu, kalau nasibmu apes, ya nggak diterima. Untuk bagian ini kamu harus jadi anak soleh yang rajin ibadah dan doa biar Tuhan iba atas kerja keras dan air matamu.
7. saya tak bertanggung-jawab atas efek samping dari tips ini, bila mumet berlangsung lebih dari 3 hari, silakan hubungi dokter. ‪#‎apacoba‬

Hei, buku baruku sudah edar loh: ‪#‎MagiPerempuandanMalamKunangkunang‬. Harga Rp 48.000. Penerbit GPU. Bisa kamu dapatkan di toko buku offline dan online.

Magi Cetak

Dipublikasi di cerpen | Meninggalkan komentar

#KUMCER – Magi Perempuan dan Malam Kunang-kunang (GPU: 2015)

Magi CetakHlm 1 Magi

Ilustrasi oleh Pramoe Aga

Hai, Semua.

Kumpulan cerita gotikku sudah terbit di Gramedia Pustaka Utama. Ada 21 cerita pendek di dalamnya, baik yang pernah dimuat koran (tentu sudah diedit agar lebih baik) dan yang belum pernah dipublikasi.

Apa sih gotik? Gotik itu semacam horor, tapi horor di cerpen saya bukan horor MTV seperti itu. Tastenya berbeda, tapi saya percaya kamu akan suka, kok.

Mulai hari ini, 3 Agustus 2015, buku kumcer “Magi Perempuan dan Malam Kunang-kunang” sudah bisa kamu dapatkan di toko buku Gramedia dan lainnya. Harganya Rp 48.000. Bila kamu mau dapat diskon sebesar 20%, kamu bisa beli di toko buku online seperti @pengenbuku, @hematbuku20 atau @GrazeraCom, tentu belum ongkos kirim.

Aku menunggu reviewmu. Bisa mencolekku di akun Twitter @AlamGuntur atau facebook atau via blog ini. Ditunggu komentarmu saat baca buku ini, ya.

Salam []

Dipublikasi di cerpen | 2 Komentar

#CERPEN – Spektrum Banksy (Jawa Pos, 12 Juli 2015)

Spektrum Banksy

Ilustrasi Jawa Pos, 12 Juli 2015

Oleh: Swistien Kustantyana dan Guntur Alam

PERNAHKAH kau membayangkan jika malaikat pencabut nyawa jatuh cinta pada korbannya? Iya, aku tahu seharusnya malaikat tak punya perasaan, tak mengenal cinta, dan tak mengenal rasa cemburu. Namun, aku benar-benar jatuh cinta pada Aya. Spektrum Cahaya –nama lengkapnya. Perempuan yang tiga bulan lagi harus kucabut nyawanya, dengan tanganku sendiri.

Baca lebih lanjut

Dipublikasi di cerpen | Meninggalkan komentar

#SHORTSTORY – RAIN

Hujan - MetroTV

Photos of MetroTV

THE rain kept falling continuously. As if it was spilling from the sky. The wind was banging onto the edge of the house, rustling in tune with the rhythm of a leaf from then guava tree, the only one leave remaining in the compound. The voice of thunder echoing, as it was reflected by the concrete walls standing vertical towards the sky. That’s how it was since the last noon time muslim prayer. As if it was never going to stop.

Baca lebih lanjut

Dipublikasi di cerpen | 3 Komentar