#RAGU – Kisah #MoveOn & Bullying yang Menyentuh

Gambar

Judul: RAGU – sebab hati bisa salah

Penulis: Arlene Gea

Tebal : VI + 247 halaman

Harga: Rp 35.000,-

Penerbit: Bhuana Sastra – Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Bagaimana jika cinta pertamamu membuatmu terluka demikian dalam? Kata orang cinta pertama itu sulit sekali dilupakan. Apakah termasuk luka yang diciptakannya? Sepertinya itulah yang dialami Lisa (tokoh dalam novel ini). Cinta pertamanya di SMP, Kerio Decker, sudah membuatnya terluka dan susah sekali move on walau kejadian pahit itu sudah berlangsung cukup lama. Mungkin karena Lisa masih harus melihat Kerio dan cewek yang merebutnya, Vina, setiap hari. Mereka satu SMA. Sebuah kiamat bagi Lisa.

Β 

Lisa jatuh cinta pada Kerio di pandangan pertama, saat MOS SMP. Kerio yang blasteran Belanda-Jawa terlihat menonjol di antara murid-murid baru. Tapi Lisa hanya memendam perasaan itu. Dia tak pernah berani mengatakan suka. Dia cukup bahagia karena bisa sekelas dengan Kerio selama di SMP dan kerap satu kelompok dalam tugas. Lisa memilih mencintai Kerio diam-diam.

Lalu, Lisa mengetahui satu rahasia Kerio. Cowok itu ternyata menyukai Vina, cewek populer di SMP dan dulu teman satu SD Lisa. Lisa semakin menyimpan rapat-rapat perasaannya pada Kerio, karena dia merasa Vina dan Kerio pasangan serasi. Ternyata Vina menolak Kerio, karena cewek manis itu sedang PDKT dengan seorang cowok berwajah aktor Korea di sekolah mereka. Kerio patah hati. Saat itu sudah kelas 9, sebentar lagi UAN. Sebagai sahabat –walau tak terlalu dekat– Lisa berusaha menjadi malaikat penyelamat Kerio. Dia tak ingin cowok itu terpuruk dan tak lulus UAN. Ternyata kedekatan mereka membuat Kerio menyukai Lisa. Setelah beberapa bulan mereka makin akrab, Kerio nembak Lisa. Tanpa pikir panjang, Lisa menerimanya. Dan itulah penyesalan seumur hidup bagi Lisa. Dari situlah sebuah luka berawal.

Ternyata Kerio hanya menjadikannya pelarian. Pelarian dari penolakan Vina. Hubungan mereka seumur jagung, Kerio tiba-tiba meninggalkannya karena ternyata Vina mendatanginya. Menerima cinta Kerio. Lisa merasa seperti dicampakkan.

Move on memang sulit. Lisa sudah berusaha. Tapi tak bisa. Untuk menghibur hatinya, dia menciptakan dunia baru. Lisa yang memang menyukai baca, akhirnya belajar nulis. Awalnya cerpen, lalu novel. Dan novel debutnya booming di pasaran. Rahasianya terbongkar secara tak sengaja oleh satu-satunya teman terbaiknya di SMA: Riska. Riska yang tak suka dengan Vina yang terus mem-bully Lisa. Selama ini Lisa selalu mengalah dan seperti ketakutan pada Vina. Menurut Riska itu bukan cara yang baik. Orang-orang seperti Vina dan geng harus dilawan, jika tidak, Lisa akan terus di-bully seumur hidupnya. Nah, mengetahui Lisa seorang penulis yang sedang banyak dibicarakan dengan nama pena Lisa Hokage-nya, Riska membocorkan rahasia itu agar Vina dan teman-teman di SMA tahu, jika Lisa berprestasi dan jauh lebih keren dari Vina.

Itu sedikit flasback dalam cerita ini yang diselipkan di 1-3 bab pertama. Setting cerita ini sebuah SMA dan kelas 12.

Konflik demi konflik semakin muncul dan alur cerita novel ini makin menggemaskan. Terlebih di bab awal dimunculkan sosok goodboy penggemar Lisa, Andre. Dia cowok sempurna di mata anak-anak cewek. Sama kerennya dari Kerio. Andre juga anak band. Andre yang terlihat mengejar-ngejar Lisa membuat fansnya sebel, geram, dan tidak terima. Tapi tak berani berbuat macam-macam.

Riska yang akhirnya tahu masalah antara Lisa-Kerio-Vina berusaha membuat Lisa move on dan mencari pengganti Kerio. Menurutnya cowok seperti itu tak perlu diratapi dan diingat terus. Lisa harus melanjutkan hidup dan melupakan masa lalu. Saat Lisa berusaha sekuat tenaga dan hubungannya kian akrab dengan Andre, dia pun membuka pintu hatinya. Ternyata beberapa rahasia terkuak. Vina selingkuh dengan anak SMA lain, dan Lisa melihatnya sendiri. Dia tak tega membiarkan Kerio disakiti seperti itu. Tapi dia tak berani menjadi “malaikat penyelamat” lagi. Di saat Lisa-Riska-Andre mengunjungi toko es krim tempat Lisa dan Kerio dulu sering mampir untuk berkencan ala abg. Ternyata pramusajinya masih mengenali Lisa. Katanya, Kerio masih sering datang, memesan dua gelas es krim kegemaran mereka, dan duduk di meja yang sama. Sendirian. Bernostalgia. Lisa tersengat, apa itu artinya selama ini Kerio mencintainya tapi dia terjebak dalam perasaan yang membingungkan antara Lisa atau Vina?

Tak hanya kejutan-kejutan itu, Arlene Gea, memberi kejutan lain tentang rahasia seorang Andre dan latar belakang PDKT-nya. Duh, harusnya novel ini jangan diberi judul RAGU – sebab hati bisa salah, tapi judulnya SUPRISE – sebab hati bisa deg-degan. Hahahahaha….

Ceritanya cukup seru. Saya menghabiskan novel ini hanya sehari. Ya, walau jika dimintai memberi bintang dari 1-5, aku hanya memberi novel ini 3 bintang. Artinya lumayan, kan? Duh, novelku aja belum tentu bagus. Hahahahaha…

Satu yang menurutku kurang dari novel ini: nggak ada pembatas buku. Jadinya aku harus melipat halamannya saat jeda. Jangan bilang cuma novel yang kubeli yang nggak ada pembatas bukunya. Sebagai penikmat pemula novel-novel romance lokal alias dari penulis asli Indonesia. Menurutku novel ini cukup asik buat dibaca. Harganya juga murah Rp 35.000 dengan setebal 250 halaman, sebab bila dibandingkan novel sejenis. Harga novel setebal ini harusnya Rp 42.000 – Rp 50. 0000. Jadi murah banget. Itu sih alasanku belinya, selain kaver, judul, dan blurb yang manis; harga murah! Hahahahaha… kan lumayan 15 ribunya buat makan bakso.

Eits, ini review buku yang gaje deh. Cerita lengkapnya silakan beli dan baca bukunya, sudah edar di Gramedia Bekasi, semoga Gramedia lainnya juga. Selamat membaca.[]

P.S: Kalau kamu mau novelmu diposting di blog ini, silakan hubungiku via email. Email ada di bio twitterku @AlamGuntur

By AlamGuntur Posted in Buku

4 comments on “#RAGU – Kisah #MoveOn & Bullying yang Menyentuh

  1. Ping-balik: #LelangBFG [68] – Paket Ragu + Pasangan Jadi-jadian | bookaholicfund

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s