Nulis Cerpen #4MusimCinta Berhadiah #MusimyangBerceritatentangCinta

musim yg bercerita

foto dari akun @shabrinaws_

Haloo… kamu….!

Sudah tahukan kalau baru-baru ini aku merilis buku kumpulan cerita #MusimyangBerceritatentangCinta. Lihat foto di tulisan ini deh. Itu bukunya. Berisi 10 cerita pendek dan 2 novela dengan tema cinta dan problem wanita dewasa. Buku ini terbitan Elex Media Komputindo. Harganya Rp 39.800, tersedia di seluruh toko buku di Indonesia. Beberapa cerpen di dalamnya sudah pernah dimuat majalah Femina, Kartini, NooR, tabloid Nova, de el el. Loh, kok malah iklan buku😀


Nah, dalam rangka membuat perayaan terbitnya buku ini dan bulan depan ulang tahun-ku yang ke-18 (lebih beberapa puluh tahun, hahahaha). Aku ingin mengadakan semacam lomba nulis cerpen kali, ya. Boleh dibilang seperti itu. Pantas nggak sih disebut lomba? Hadiahnya dikit banget soalnya. Cumaaaaa…. kalau naskah yang bagus terkumpul sekitar 12 judul (minimal), akan kuusahakan terbit di penerbit major, tentu pembagian royalty akan dibagi secara adil. Namun, untuk poin penerbitan ini tidak bisa dijanjikan 100%. Akan tetapi, akan kuusahakan menawarkan ke penerbit. Semoga saja nasib baik berpihak pada kita nanti.
Ini dia syarat teknis cerpennya kalau kamu mau ikutan:
1. Cerpen ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EyD. Bahasa gaul alias non baku dan sebagainya boleh digunakan dalam dialog. Di narasi harus menggunakan bahasa baku.
2. Panjang cerpen 7-10 halaman A4 dengan 1.5 spasi, huruf Time New Roman, font 12. Margin standar. Segmen pembaca cerpen untuk usia 20-35 tahun. Jadi kamu bisa membayangkan jenis konflik ceritanya. Genrenya pop, jadi bukan sastra yang berat-berat gitu, ya.
3. Tokoh utama yang digunakan adalah laki-laki dan perempuan berusia 25-35 tahun. Nama tokoh laki-lakinya harus “Guntur”. Boleh kan narsis? Kalau tokoh perempuannya bernama “Julia” –ini nama emakku, jadi jangan ada yang nanya lagi nama siapa :p . Bila ada tokoh lainnya gunakan nama “Anton” (laki-laki) dan “Astri” (perempuan). Cukup nama-nama itu. Jadi maksimal 4 tokoh dalam cerpenmu. Kebanyakan nama tokoh bikin mabok tauk.
4. Tema cerpenya #4MUSIMCINTA. Jadi cerpenmu harus menggunakan 3 unsur itu. 4. Musim. Cinta. 4 bisa kamu terjemahkan bebas. Musim bisa juga bebas atau bisa kamu gunakan sebagai setting waktu (musim hujan, kemarau, gugur, dingin, duren, rambutan, kawin eeeehhhh….. kok kemana-mana ini). Pastinya harus ada unsur cintanya. #eeeaaaa.
5. 1 orang hanya bisa kirim 1 cerpen. Jadi tulislah cerpen terbaikmu. Naskah dikirim ke emailku gunturalam04@yahoo.co.id dengan subjek #4MusimCinta. Naskah dilampirkan. Jangan di badan email. Bila sudah kirim, kamu mention aku di @AlamGuntur. Kalau bisa mentionnya sambil twitpic bukuku #MusimyangBerceritatentangCinta, bisa ambil fotonya di twitterku. Duh, Bang, kok ribet amir sih. Bhuahahahahaha….
6. Hadiahnya apa? Ada 2 eks buku #MusimyangBerceritatentangCinta (gratis tanda tangan dan ongkos kirim dalam negeri, luar negeri tanggung sendiri. Sejak kapan pula tanda tanganku bayar?) :p. Terus, aku akan usahakan ada hadiah lainnya, seperti buku tambahan atau makan gratis di rumah masing-masing atau voucer menginap di kuburan angker :p
7. Cerpenmu ditunggu sampai tanggal 13 November 2014, pukul 23.59 WIB. Pengumuman pemenangnya tanggal 20 November 2014, pas hari ulang tahunku yang ke-18 lebih beberapa puluh tahun itu. Jadi kalau kamu mau kirim kado dan sejenisnya, masih ada waktu buat nyari😀
8. Naskah pemenang dan finalis yang menurutku cukup oke. Minimal harus ada 12 judul cerpen. Akan kuusahakan terbit di penerbit major. Tentang pembagian royalty, dll, akan dibicarakan setelah naskah ACC. Jadi? Nulis aja dulu dan doa yang kenceeeennngggg….! (>.<)
9. Lomba ini tertutup bagi Yetti A. Ka, Anggun Prameswari, Faisal Oddang, Emil Amir, Swistien Kustantyana, Norman Erikson Pasaribu, dan beberapa Nama yang Tak Boleh Disebutkan. Loh? Hihihihihi….
10. Bila ada yang ingin ditanyakan mention saja diriku di @AlamGuntur.
Ayo, hibur aku di hari ulang tahun dengan cerpen terbaikmu. Ditunggu, ya…. Muuaaaccchhh….😀

By AlamGuntur Posted in cerpen

8 comments on “Nulis Cerpen #4MusimCinta Berhadiah #MusimyangBerceritatentangCinta

    • Pasti. Selama ini saya tidak pernah menerbitkan di indie. Tahun ini saya pernah membuat event nulis cerpen remaja dan naskahnya diterima penerbit major di Jakarta, jadwal terbitnya Januari 2015.

  1. nulis sambil mata merem…sampe muka roboh di keyboard laptop. pas bangun dr mimpi ternyata sudah dapat 2 halaman..ya sudah saya tidur barangkali email kao cerpen impian mas guntur sampe ditahun yg diharapkan… miyaneo

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s