SPORA: Fiksi Ilmiah Remaja yang (Berusaha) Meneror.

novel spora

Judul: Spora

Penulis: Ahmad Alkadri

Penerbit: Moka Media

Halaman: 238 halaman

Terbitan: Oktober 2014

Sedikit cerita, novel SPORA berkisah tentang teror mengerikan di sekolah yang disebabkan oleh jamur spora. Jamur ini dibawa oleh tim KIR sekolah Alif (tokoh utama) setelah menghadiri konferensi KIR tingkat internasional. Teror berawal dari ruangan KIR lalu menjalari seluruh sekolah. Begitulah cerita awal novel ini.

Di bagian prolog, saya cukup menyukainya. Menurut saya, penulisnya berhasil mengikat pembaca untuk terus membaca sampai bab berikutnya lewat tokoh Sasa. Nah, ketika mulai masuk ke bagian Alif (bab satu dan seterusnya), saya agak “bingung”, karena ada beberapa inkonsisten yang terjadi seperti penyebutan kelas X yang kadang-kadang kelas 2. Kadang Alif memanggil ibunya dengan sebutan “mama”, kadang dengan “ibu”, terus juga sapaan Alif dan Rina dan teman-temannya terasa kaku, tidak lentur. Ada juga beberapa kalimat rancu dan pemborosan kalimat lainnya yang di novel saya tandai dengan stabilo.

Bila boleh memberi saran, seharusnya tokoh utama di novel ini Sasa dan Alif-nya adalah pacarnya. Pasti akan lebih keren, karena di prolog novel ini digerakkan oleh tokoh Sasa. Soalnya sepanjang novel ini, saya bertanya-tanya, ke mana Sasa? Kok tiba-tiba hilang. Sayang banget, tokoh yang di awalnya sudah begitu kuat dan membekas di benak pembaca, tiba-tiba dihilangkan begitu saja.

Namun, saya akui ide novel ini keren. Nggak banyak novel fiksi ilmiah di Indonesia, terutama untuk remaja. Saya cukup menikmati, hanya saja terornya kurang terasa. Agak datar. Harusnya di bagian-bagian tertentu, terutama beberapa bab jelang ending, ketegangan makin terasa, tetapi itu kurang saya rasakan. Terlepas dari semua itu, novel ini cukup layak untuk dikoleksi. Saya menunggu novel-novel lainnya dari penulis ini. []

3 comments on “SPORA: Fiksi Ilmiah Remaja yang (Berusaha) Meneror.

Tinggalkan Balasan

