#TIPSNULIS – Alasan-alasan Klise Naskahmu Ditolak.

Alasan-alasan klise naskahmu ditolak:
1. Temamu basi dan sialnya lagi cara pengemasan ceritamu juga basi. Kebanyakan makan makanan basi bisa bikin keracunan dan berujung kematian. Jadi bayangkan saja editor yang membaca tema dan pengemasan basimu; keracunan dan ujungnya kolaps.
2. Tulisanmu kacau. Astaga! Editor sampai harus melambaikan tangan ke kamera gara-gara tanda baca dan EyD-mu seenak udelmu dewek. Kalau nemuin naskah atas namamu di masa-masa mendatang, dia pasti menjerit histeris dan meminta resign. Pasti bos di kantornya perlu memanggil paranormal untuk menenangkannya.
3. Tebal naskah. Ya ampun, naskahmu kalau tipis kurus banget kayak kena gizi buruk atawa busung lapar. Sementara kalau ketebalan, kayak kena obesitas. Kan editor bingung mau cetaknya nanti. Yang tipis kayak buku teka-teki silang, yang ketebalan kayak bantal. Patuhi dong tebal naskah yang diminta.
4. Sinopsismu ngajak berantem. Editor itu butuh tahu segala hal tentang ceritamu secara ringkas dari awal sampai akhir, bukan diajak main tebak-tebakan. Woi, kamu tahu kan beda blurb dan sinopsis?
5. Salah alamat. Kalau naskahmu tentang tata cara merawat kebo bunting dengan baik dan benar, jangan dikirim ke penerbit yang cari naskah novel horor. Sampe tuh kebo lahiran, nggak bakalan naskahmu diterima. Kecuali kalau tuh kebo ternyata vampir atawa dracula.
6. Nasibmu sial. Iye, nasib sial. Udah gitu aja. Sebagus apa pun naskahmu, kalau nasibmu apes, ya nggak diterima. Untuk bagian ini kamu harus jadi anak soleh yang rajin ibadah dan doa biar Tuhan iba atas kerja keras dan air matamu.
7. saya tak bertanggung-jawab atas efek samping dari tips ini, bila mumet berlangsung lebih dari 3 hari, silakan hubungi dokter. ‪#‎apacoba‬

Hei, buku baruku sudah edar loh: ‪#‎MagiPerempuandanMalamKunangkunang‬. Harga Rp 48.000. Penerbit GPU. Bisa kamu dapatkan di toko buku offline dan online.

Magi Cetak

By AlamGuntur Posted in cerpen

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s