Blog Tour #PerfectPain by Anggun Prameswari

Perfect Pain

Judul : Perfect Pain
Penulis : Anggun Prameswari
Penerbit : GagasMedia
Tahun terbit : 2015
Cetakan : Pertama
Tebal : 324 halaman
ISBN : 9789797808402

Sayang, menurutmu apa itu cinta? Mungkin beragam jawab akan kau dapati. Bisa jadi itu tentang laki-laki yang melindungi. Atau malah tentang bekas luka dalam hati-hati yang berani mencintai.

Maukah kau menyimak, Sayang? Kuceritakan kepadamu perihal luka-luka yang mudah tersembuhkan. Namun, kau akan jumpai pula luka yang selamanya terpatri. Menjadi pengingat bahwa dalam mencintai, juga ada melukai.

Jika bahagia yang kau cari, kau perlu tahu. Sudahkah kau mencintai dirimu sendiri, sebelum melabuhkan hati? Memaafkan tak pernah mudah, Sayang. Karena sejatinya cinta tidak menyakiti.

 

Saat akan menulis novel ini, Anggun sempat beberapa kali bercerita pada kami (selain aku ada Yetti A.Ka, Emil Amir dan Faisal Oddang) tentang rencana novel keduanya ini. Tentu saja kami tahu Anggun akan menulis roman depresi lagi, tapi saat tahu bila temanya KDRT, aku sempat tercekat. Tak banyak novel dengan tema ini yang pernah kubaca. Tak tahu kenapa tema ini sedikit dilirik oleh penulis. Bisa jadi karena tema ini cukup berat dan menguras emosi saat dituliskan, seperti yang kerap Anggun ceritakan. Betapa dia seakan “diteror” oleh naskahnya sendiri. Seakan dia menyatu bersama Bidari dan merasakan segala sakitnya.

 

Aku menyukai cara Anggun bercerita. Seperti di After Rain, Anggun dapat menghidupkan karakter-karakternya. Aku kadang kesal pada Bidari yang terkesan sangat penakut dan bodoh. Namun aku menyadari sesuatu. Tak mudah bagi seseorang untuk keluar dari kondisi yang membelenggunya bertahun-tahun. Karakter Bidari yang jadi korban KDRT terbentuk karena pengalaman masa lalu yang suram. Dan kebanyakan para korban KDRT juga merasa tak menjadi korban. Apa yang dia alami adalah hal lumrah. Selain itu, para korban KDRT, terutama posisi istri, bertahan demi anak-anak mereka.

 

Aku menghela napas berkali-kali saat mengikuti karakter Karel dalam Perfect Pain. Seharusnya anak seusia itu punya masa kanak-kanak yang manis untuk dikenang. Bukan gambaran ibunya yang babak-belur dihajar ayahnya. Namun dari Karel juga, aku belajar suatu hal yang luar biasa. Betapa cinta dan kasih sayang yang tulus akan membuat seseorang melakukan apa pun demi orang yang dicintainya. Termasuk memaksa dirinya menjadi “gajah” walau sesungguhnya dia hanyalah “semut” belaka.

Di lain sisi, aku juga benci pada Bram tapi sekaligus kasihan. Sayangnya, Anggun tak menceritakan masa lalu Bram, kenapa dia menjadi seperti itu? Sebab saya selalu percaya; masa lalu akan membentuk seseorang di masa depannya.

Dibanding After Rain –yang saat itu sangat kusukai—ternyata aku lebih menyukai Perfect Pain. Novel kedua Anggun ini terasa lebih matang, konfliknya lebih runut, karakter-karakternya juga terasa nyata dan hidup. Aku bahkan merasa bukan tengah membaca sebuah novel fiksi, melainkan kisah nyata seorang ibu muda bernama Bidari.

 

Untuk kamu yang suka baca novel dewasa dengan ceirta berbeda dan tentu saja melebamkan dada tapi punya akhir cerita yang manis; kamu harus baca novel ini!

 

GIVEAWAY

Oya, Gagas Media menyediakan 1 eks novel Perfect Pain buat kamu. Caranya mudah :

  1. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar : Menurutmu, apa itu cinta?
  2. Di akhir jawaban tuliskan nama lengkapmu, alamat email (wajib), akun sosial mediamu (twitter dan FB)
  3. Giveaway ini berlangsung sampai tanggal 27 Desember 2015, pukul 00.00 WIB. Pengumuman pemenang tanggal 28 Desmeber (tentative) via blog ini dan akun twitterku @AlamGuntur, juga akun Facebook Guntur Alam

Sederhana kan? Ditunggu jawabanmu.

30 comments on “Blog Tour #PerfectPain by Anggun Prameswari

  1. Apa itu cinta?
    Menurutku cinta itu seharusnya tak melulu tentang luka. Cinta itu seharusnya membahagiakan. Definisi cinta sendiri, Menurut Wikipedia adalah suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya. Otomatis cinta itu seharusnya membahagiakan bukan hanya memberi luka.

    Adelia Fitriani
    Fitriaadelia28@gmail.com
    @AdelLFitria
    Adelia Fitriani

  2. Apa itu cinta?

    Menurutku cinta adalah bayangan semu dari kasih sayang. Aku percaya, tidak ada cinta yang abadi -terhadap manusia dengan manusia lainnya- di dunia ini. Cinta itu akan pudar seiring berjalannya waktu, lalu hanya menyisakah kasih dan sayang.

    Nama: Puspa Imanda
    Email: imandapuspa01@gmail.com
    Twitter: Oepha Im

  3. Menurutku, cinta itu hal abstrak, rumit, dan membingungkan, tetapi secara teknis bisa sangat sederhana ketika kita melakukan apapun untuknya, termasuk berani bertahan dan berkorban hingga titik darah penghabisan. Nama lengkapku Dede Abdul Hamid (Dedul Faithful), email: dedulfaithful@gmail.com, Twitter: @dedulfaithful.

  4. Cinta, menurutku adalah sesuatu yang sulit dijelaskan. Ia datang sendiri tanpa dipaksa dan kadang-kadang bisa membuat seseorang sakit ketika terjatuh didalamnya. Cinta tak perlu diucapkan, ia perlu pembuktian, ia perlu kepercayaan, walau pada kenyataannya sulit. Apalagi jika harus memaksakan untuk berkata CINTA padahal sejujurnya tidak. tetapi satu hal yang hatiku yakin tentang cinta, Ia adalah suatu pelengkap hidup. Tanpa Cinta dunia ini akan berantakan. Jika manusia tak cinta kepada Tuhannya, maka tak akan tercipta kehidupan yang tenang. Dan Jika manusia tak cinta pada seseorang yang lain, maka hidupnya terasa kosong. Cinta bisa menjadi hampa(pahit) dan juga bisa menjadi rasa(manis).

    Sekian, Terimakasih
    Nama : Wahyu Putri Kirnansah
    email : wahyuputri01@gmail.com
    FB : Wahyu Putri Kirnansah
    Twitter : @Wahyuputri_K

  5. Apa itu cinta?

    Awalnya kupikir cinta itu kebahagiaan yang melingkupi sebagian logika dan perasaan. Maka dari itu ada istilah ‘Cinta membuat orang menjadi bodoh’. Menurutku pernyataan itu benar adanya. Kita menjadi bodoh karena cinta, merasakan kebahagiaan semu yang berujung hanya pada LUKA. Terkadang luka itu akan membekas, luka merupakan cinta dan kesakitan yang membekas. Ada cinta namun ada sakit di dalamnya. Mungkin kita tak tahu kapan, siapa, dimana dan mengapa kita merasakan cinta. Karena cinta tak butuh alasan apalagi menggunakan logika.

    Ada dua kemungkinan akhir dari cinta. Bahagia bersama seseorang yang kita cintai atau di sakiti dengan orang yang sangat kita cintai. Cinta tentu sebuah perasaan ingin memiliki. Jantung akan berdegup lebih kencang dan hari-hari akan lebih berwarna.

    Mungkin cinta dapat menimbulkan kepedihan namun cinta yang membawa seseorang untuk berusaha menggapai cintanya. Namun cinta tentu penting dalam kehidupan. Cinta membuat kita merasakan kebahagiaan dan di beberapa saat cinta yang menjatuhkan kita. Tapi cinta dapat menjadi pelajaran buat kita. Pengalaman yang sangat berharga. Pengalaman merupakan guru terbaik dalam hidup kan? Buat apa kita hidup namun belum merasakan arti kepedihan? Namun cinta yang terlalu berlebih juga tak baik karena cinta kita kepada manusia tak boleh melebihi cinta kita kepada Allah dan Rosul-Nya.

    Tapi dari semua definisi cinta, hanya satu yang abadi. Cinta ibu kepada anaknya. Cinta yang luar biasa di dalam hidup seseorang. Percayalah cinta terbesar di dunia ini adalah cinta seorang ibu. Lebih baik tak memiliki pacar di hari valentine daripada tak memiliki ibu di hari ibu:” Karena cintanya akan kita rindukan suatu saat nanti. Cinta yang tak akan pernah hilang sampai tanah menutupinya. Sekian, Arigatou Gozaimasu^^

    Nama : Aulia Resky
    Akun Twitter/FB : @AuliaaRez || Aulia Reski
    Email : auliareski20@gmail.com

  6. Assalamu’alaikum ya akhi dan ukhti🙂
    Awalnya biasa saja, entah mulai kapan muncul rasa. Bergejolak dalam dada laksana air mendidih menggelegak. Saat berjauhan rindu, tapi bertatap muka malu. Saat tak berjumpa terbayang-bayang, namun saat bertemu canggung meradang. Ribuan kata dalam akal pikiran sudah terangkai, namun lidah kelu kaku dan lunglai. Dari pesimis berubah romantis, dari oportunis berubah puitis. Don’t panic, it’s not some kind of sickness!
    Apa itu cinta? Cinta adalah salah satu karunia Allah S.W.T yang diberikan pada hamba-Nya. Maka dari itu, Cinta hanya butuh Penghambaan, bukan Pengorbanan. Jika Cinta butuh pengorbanan, wajar ada wanita yang jadi korban pria. Cinta itu fitrah manusia. Jika anda Jatuh Cinta, maka ana ucapkan selamat! Itu tandanya anda normal. Allah menurunkan Cinta agar dua insan dapat bersama dalam satu bahtera asa.
    Lebih dari itu, Cinta dan kasih sayang merupakan tanda orang beriman, seperti yang tercantum dalam Q.S. Maryam [19] : 96.
    Makna Cinta itu luas, mohon jangan disempitkan dalam arti pacaran (baca: syahwat), kasih sayang itu terlalu tinggi untuk direndahkan hanya dengan baku maksiat. Contohnya, Pacaran.
    Seperti yang tertulis diatas, Cinta adalah Karunia Allah S.W.T, maka mustahil Allah mengkaruniakan sesuatu yang buruk. Aturan dalam Islam sederhana :
    Bila Cinta, datangi walinya dan menikahlah. Bila belum siap, persiapkan dahulu dalam diam. Islam tidak mengenal hubungan pra-pernikahan seperti pacaran dan pertunangan, dan Islam mengharamkan hal itu. Itulah Cinta, bumbu kehidupan, warna dunia🙂

    Nama : Abdullah Azzam.
    E-mail : abdullah.azzam130@gmail.com
    Akun : • Twitter : @Abdullah_AMONG
    • Facebook : Abdullah Azzam (www.facebook.com/abdullah.azzam.130)

  7. Menurutmu, apa itu cinta?

    Menurutku, cinta adalah bahagia apabila orang yang kita cintai bahagia. Meski mungkin dia bukanlah milik kita karena merasa tidak bahagia di samping kita. Walau sebenarnya hati sanagt sangat tidak rela untuk melepasnya.
    Segetir apapun perlakuan mereka pada kita, sekejam apapun kelakuan mereka, sesalah apapun perbuatan mereka, kita bisa memaafkan. Itulah cinta.
    Cinta tidak hanya kepada pasangan. Ada cinta kepada Tuhan, kepada orang tua, kepada pekerjaan, kepda hewan peliharaan, bahkan ada cinta kepada harta benda.

    nama lengkap : Mukhammad Maimun Ridlo
    alamat email : maimun_ridlo@yahoo.com
    akun sosial media :
    twitter : @ MukhammadMaimun
    FB : Mukhammad Maimun Ridlo

  8. Cinta adalah perasaan yang murni, tulus, dan tercipta dari hati. Cinta muncul tanpa memandang apapun, termasuk status ataupun derajat seseorang. Sesuatu yang dilakukan atas nama cinta berarti dipenuhi rasa ikhlas, karena cinta yang sebenarnya tidak mengharapkan balasan. Cinta juga dapat membutakan, jika kita terlalu mencintai sesuatu, melebihi cinta kita terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

    Ananda Nur Fitriani
    anandanftrn@gmail.com
    @anandanf07 / Ananda Nur Fitriani

  9. Setiap orang punya pandangan masing-masing terhadap cinta. Tapi menurut saya cinta itu harus siap dengan konsekuensi yang ada. Ditinggalkan, dikhianati, tidak terbalaskan.

    Meski sering berakhir luka, cinta tetaplah cinta. Setiap orang harus bersyukur ketika ia merasakan cinta, terlepas cinta yang ia berikan tidak disambut dengan semestinya, karena itu berarti ia masih punya hati,

    Pretty Angelia Wuisan
    pretty.angel1901@gmail.com
    Twitter — @prettywuisan
    FB — Pretty Angelia Wuisan

  10. Menurutmu, apa itu cinta ?
    Pertanyaan yang mudah, tetapi sulit jawabannya🙂
    Menurutku cinta tidak bisa di definisikan dengan kata, tetapi dapat dirasakan oleh hati. Cinta dapat membuat hati gembira dan sedih dalam waktu bersamaan, cinta juga dapat membuat hati terluka dan bahagia di lain waktu
    Cinta dapat membuat orang sakit menjadi sembuh atau dapat juga menyebabkan orang sehat menjadi sakit.
    Cinta dapat membuat orang melakukan hal-hal diluar kendali logikanya.
    Yang jelas cinta dapat berakibat baik ataupun buruk terhadap orang yang merasakannya. Dan apabila dirasakan pada waktu dan cara yang tepat, akan membuat orang itu lebih baik.
    Dan ingatlah hanya ada satu cinta yang harus diletakan di atas segalanya yaitu cinta kepada Sang Pencipta, Alloh Swt

    nama : Siti Nuryanti
    Email : sitinuryanti@yahoo.com
    Twitter : @NelyRyanti
    Fb : https://www.facebook.com/bilaramadhan

  11. Menurutku, cinta adalah sebuah perasaan yang bisa membuat kita merasakan perasaan lain yang beragam, terkadang perasaan yang diakibatkan cinta itu bisa sekaligus datang dan dirasakan. Misalnya, cinta bisa membuat kita bahagia, mungkin ketika cinta yang kita punya disambut baik olehnya, atau karena alasan lain. Cinta juga bisa kita sangat bahagia, mungkin ketika cinta kita disambut baik olehnya, dan karena cinta, kita bisa hidup bersamanya, atau bisa karena alasan lain. Jangan lupa, cinta juga bisa membuat kita sedih, mungkin ketika cinta yang kita punya bertepuk sebelah tangan, atau karena hal lain. Malahan, cinta juga bisa membuat kita sangat sedih, mungkin ketika cinta kita disambut baik olehnya akan tetapi karena beberapa alasan kita tidak bisa hidup bersamanya, semacam ditakdirkan untuk saling mencintai tapi tidak untuk hidup bersama dan saling melengkapi, atau bisa karena hal lain. Cinta bisa juga membuat kita merasakan perasaan lain secara sekaligus, misalnya cinta membuat kita bahagia, sedih, kecewa, bimbang, dan gusar, mungkin karena cinta memang begitu, penuh rasa, atau bisa juga karena hal dan alasan lain.

    Rumit, begitulah cinta dengan beragam dan segala definisinya. Namun, sebenarnya cinta adalah cinta, yang sebenarnya sederhana, jika dengan tulus kita melakukannya.

    Sekian, Imam Abil Fida. Imamabilfida@gmail.com, Fb: facebook.com/imamabil, twitter: @imamabil13.

  12. Cinta adalah mantel ketika tubuh terasa gigil,
    Cinta adalah sebuah angka penggenap bagi hitungan yang ganjil,
    Cinta adalah penyembuh segala macam sakit serupa pil.

    Tapi,

    Cinta juga kerikil kecil di tengah jalanan mulus,
    Cinta juga muara kering di padang pasir saat kerongkongan terasa haus,
    Cinta juga penghilang kesadaran serupa obat bius.
    Begitulah cinta. Ia bisa menjadi apa pun tergantung siapa yang memiliki sudut pandang dan kuasa akan cinta. Cinta bersifat netral dan kita bisa mengendalikannya sesuai yang kita mau. *apaansihdee? || Cinta tetep punya Rangga :v :3

    Ade Ubaidil
    email: adeubaidil@yahoo.co.id
    fb: Ade Ubaidil
    Twitter: @ade_quadraterz
    blog: http://www.quadraterz.blogspot.com

  13. Menurutku, cinta adalah rasa yang erat kaitannya dengan bahagia, bahagia, bahagia dan luka. Disaat orang lain melihat cinta tentang luka, pengkhianatan, tangis, perih, air mata, aku melihat cinta adalah bahagia, kebahagiaan. Seseorang yang memiliki cinta adalah mereka yang memiliki rasa kasih sayang dan bertujuan untuk bahagia. Kenapa saya menyebutkan luka satu kali disini? Karena cinta selalu tentang bahagia, luka sebenarnya adalah masalah kecil yang muncul di dalam cinta, menjadi besar ketika yang ‘mencintai’ membesar-besarkan perkara tersebut. Dan, melupakan seluruh bahagia yang telah Ia raih bersama cinta yang Ia miliki. Cinta bisa hancur hanya karena luka kecil, padahal Ia sendiri sudah membangun bahagia yang begitu besar dengan cinta yang Ia miliki. Menurutku, cinta adalah kebahagiaan.

  14. Menurutku, cinta adalah rasa yang erat kaitannya dengan bahagia, bahagia, bahagia dan luka. Disaat orang lain melihat cinta tentang luka, pengkhianatan, tangis, perih, air mata, aku melihat cinta adalah bahagia, kebahagiaan. Seseorang yang memiliki cinta adalah mereka yang memiliki rasa kasih sayang dan bertujuan untuk bahagia. Kenapa saya menyebutkan luka satu kali disini? Karena cinta selalu tentang bahagia, luka sebenarnya adalah masalah kecil yang muncul di dalam cinta, menjadi besar ketika yang ‘mencintai’ membesar-besarkan perkara tersebut. Dan, melupakan seluruh bahagia yang telah Ia raih bersama cinta yang Ia miliki. Cinta bisa hancur hanya karena luka kecil, padahal Ia sendiri sudah membangun bahagia yang begitu besar dengan cinta yang Ia miliki. Menurutku, cinta adalah kebahagiaan.

    Husna Munawaroh Oktaviani
    husnamnwrh.oktaviani@gmail.com
    Twitter : @husnaoktaviani_
    Facebook : Husna Munawaroh Oktaviani

  15. Menurutmu apa itu cinta?

    Entahlah, untuk aku yang masih terbilang sangat muda untuk memahami cinta yang berat seperti itu. Dan aku hanya bisa menyimak.

    Ada yang bilang bahwa cinta itu memberi kekuatan, ada juga malah cinta itu ribet dan memusingkan-termasuk melukai-.

    Tapi, setidaknya, menurut pengalamanku menyimak itu, cinta tidak melulu tentang kebahagiaan, tidak melulu tentang kesakitan.

    Cinta itu tentang kepasrahan diri, dengan begitu, walaupun tahu akan sakit, walaupun tahu akan bahagia, kita menjalani nya karena rela, sehingga cinta mengalir ditempat yang lapang hatinya.

    Firza Azkiah
    firzaazkiah1@gmail.com
    @fazkiah
    Firza Azkiah Sudrajat

  16. Rini Cipta Rahayu
    rinspiration95@gmail.com
    @rinicipta/Rini Cipta Rahayu

    Cinta itu perasaan yang susah didefinisikan dan bersifat subyektif. Akal sehat dan obyektifitas akan sulit digunakan dalam hal menilai cinta. Yang pasti, sama seperti hal lainnya bahwa cinta memiliki sisi gelap dan sisi terang. Cinta bagiku adalah perasaan yang luar biasa.

  17. Rasa yang bisa melahirkan kekuatan adalah cinta. Yang bisa merealisasikan hal yang dianggap mustahil. Memberi alasan seseorang mempertahankan hidupnya. Sumber kekuatan bagi orang tertindas. Lebih jauh dari itu Cinta adalah cahaya kecil gemerlap yang dianugerahkan Tuhan kepada makhluknya.

    Egi Dian
    saltandpaper0@gmail.com
    Twitter: @walledewitt
    Fb: Bian Sastro

  18. Menurutku cinta itu adalah salah satu pondasi hidup setelah iman. Bahkan cinta sudah tercipta bersamaan dengan terciptanya Adam dan Hawa.Menurutku cinta itu suatu perasaan dalam diri manusia yang mungkin agak sulit dijelaskan secara lisan maupun tulisan. Tapi yang jelas, rasa suka, senang dan menyenangkan lebih mendominasi. Tak jarang melumpuhkan logika dan lebih mengedepankan ego. Cinta bersifat universal. Tak ada batasan untuk seseorang merasakan yang namanya cinta.
    So, love is a part of life.

    Terima kasih.

    Nama: Kiki Suarni
    Twitter: @Kimol12
    Email: kikisuarni616@yahoo.com

  19. Cinta = anugerah, naluriah, kebutuhan, kekuatan, luka.
    entah mana yang benar, entah mana yang disebut cinta. yang pasti itu yang kurasakan. satu kata itu penuh makna tapi sulit terdefinisikan dengan kata-kata karena sekali merasakan cinta, jutaan rasa akan bergejolak di dada. :”)

    Dias Shinta Devi
    diasshinta.iyas@gmail.com
    @DiasShinta
    fb : Dias Shinta Devi

  20. Cinta adalah ketika hati dan fikiran kita berkata hal yg sama. Kadang cinta itu selalu ingin memiliki. Dan selalu ingin tampil yg terbaik, karna cinta mampu mengubah segalanya. Entah itu jadi positif atau negatif, ergantung bagaimana kita mengontrol emosi yg saat itu sedang menggebu-gebu. Cinta juga membuat kita lebih bersemangat dari biasanya

    Nama :Dini Auliana Putri
    Email :dinieembemz@yahoo.co.id
    Akun -twitter :@dini_auliana
    -FB :Dini Auliana Putri

  21. Menurutmu, apa itu cinta?

    Menurutku, cinta itu sulit didefinisikan.
    Namun cinta yang sejati adalah ketika kita mencintai karena-Nya. Cinta kepada Allah berarti kita harus mentaati apa yang diwajibkan dan apa yang dilarang oleh-Nya. Pun saat kita mencintai-Nya. Terkadang kita juga mendapat nikmat, juga ujian. Iya, ujian agar tambah cinta pada-Nya.
    Cinta itu tidak melulu soal yang manis, kita juga harus menerima yang pahitnya.

    Nama : Riska Casassi
    Email : casassir@gmail.com
    Twitter : @riska_rpa
    FB : Riska Casassi

  22. Menurutmu, apa itu cinta?

    Menurutku, cinta itu sulit didefinisikan.
    Namun cinta yang sejati adalah ketika kita mencintai karena-Nya. Cinta kepada Allah berarti kita harus mentaati apa yang diwajibkan dan apa yang dilarang oleh-Nya. Pun saat kita mencintai-Nya. Terkadang kita juga mendapat nikmat, juga ujian. Iya, ujian agar tambah cinta pada-Nya.
    Cinta itu tidak melulu soal yang manis, kita juga harus menerima yang pahitnya.

    Nama : Riska Casassi
    Email : casassir@gmail.com
    Twitter : @riska_rpa
    FB : Riska Casassi

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s