Blog Tour #PerfectPain by Anggun Prameswari

Perfect Pain

Judul : Perfect Pain
Penulis : Anggun Prameswari
Penerbit : GagasMedia
Tahun terbit : 2015
Cetakan : Pertama
Tebal : 324 halaman
ISBN : 9789797808402

Sayang, menurutmu apa itu cinta? Mungkin beragam jawab akan kau dapati. Bisa jadi itu tentang laki-laki yang melindungi. Atau malah tentang bekas luka dalam hati-hati yang berani mencintai.

Maukah kau menyimak, Sayang? Kuceritakan kepadamu perihal luka-luka yang mudah tersembuhkan. Namun, kau akan jumpai pula luka yang selamanya terpatri. Menjadi pengingat bahwa dalam mencintai, juga ada melukai.

Jika bahagia yang kau cari, kau perlu tahu. Sudahkah kau mencintai dirimu sendiri, sebelum melabuhkan hati? Memaafkan tak pernah mudah, Sayang. Karena sejatinya cinta tidak menyakiti.

 

Saat akan menulis novel ini, Anggun sempat beberapa kali bercerita pada kami (selain aku ada Yetti A.Ka, Emil Amir dan Faisal Oddang) tentang rencana novel keduanya ini. Tentu saja kami tahu Anggun akan menulis roman depresi lagi, tapi saat tahu bila temanya KDRT, aku sempat tercekat. Tak banyak novel dengan tema ini yang pernah kubaca. Tak tahu kenapa tema ini sedikit dilirik oleh penulis. Bisa jadi karena tema ini cukup berat dan menguras emosi saat dituliskan, seperti yang kerap Anggun ceritakan. Betapa dia seakan “diteror” oleh naskahnya sendiri. Seakan dia menyatu bersama Bidari dan merasakan segala sakitnya.

 

Aku menyukai cara Anggun bercerita. Seperti di After Rain, Anggun dapat menghidupkan karakter-karakternya. Aku kadang kesal pada Bidari yang terkesan sangat penakut dan bodoh. Namun aku menyadari sesuatu. Tak mudah bagi seseorang untuk keluar dari kondisi yang membelenggunya bertahun-tahun. Karakter Bidari yang jadi korban KDRT terbentuk karena pengalaman masa lalu yang suram. Dan kebanyakan para korban KDRT juga merasa tak menjadi korban. Apa yang dia alami adalah hal lumrah. Selain itu, para korban KDRT, terutama posisi istri, bertahan demi anak-anak mereka.

 

Aku menghela napas berkali-kali saat mengikuti karakter Karel dalam Perfect Pain. Seharusnya anak seusia itu punya masa kanak-kanak yang manis untuk dikenang. Bukan gambaran ibunya yang babak-belur dihajar ayahnya. Namun dari Karel juga, aku belajar suatu hal yang luar biasa. Betapa cinta dan kasih sayang yang tulus akan membuat seseorang melakukan apa pun demi orang yang dicintainya. Termasuk memaksa dirinya menjadi “gajah” walau sesungguhnya dia hanyalah “semut” belaka.

Di lain sisi, aku juga benci pada Bram tapi sekaligus kasihan. Sayangnya, Anggun tak menceritakan masa lalu Bram, kenapa dia menjadi seperti itu? Sebab saya selalu percaya; masa lalu akan membentuk seseorang di masa depannya.

Dibanding After Rain –yang saat itu sangat kusukai—ternyata aku lebih menyukai Perfect Pain. Novel kedua Anggun ini terasa lebih matang, konfliknya lebih runut, karakter-karakternya juga terasa nyata dan hidup. Aku bahkan merasa bukan tengah membaca sebuah novel fiksi, melainkan kisah nyata seorang ibu muda bernama Bidari.

 

Untuk kamu yang suka baca novel dewasa dengan ceirta berbeda dan tentu saja melebamkan dada tapi punya akhir cerita yang manis; kamu harus baca novel ini!

 

GIVEAWAY

Oya, Gagas Media menyediakan 1 eks novel Perfect Pain buat kamu. Caranya mudah :

  1. Jawab pertanyaan berikut di kolom komentar : Menurutmu, apa itu cinta?
  2. Di akhir jawaban tuliskan nama lengkapmu, alamat email (wajib), akun sosial mediamu (twitter dan FB)
  3. Giveaway ini berlangsung sampai tanggal 27 Desember 2015, pukul 00.00 WIB. Pengumuman pemenang tanggal 28 Desmeber (tentative) via blog ini dan akun twitterku @AlamGuntur, juga akun Facebook Guntur Alam

Sederhana kan? Ditunggu jawabanmu.

Iklan

#KUMCER – Magi Perempuan dan Malam Kunang-kunang (GPU: 2015)

Magi CetakHlm 1 Magi

Ilustrasi oleh Pramoe Aga

Hai, Semua.

Kumpulan cerita gotikku sudah terbit di Gramedia Pustaka Utama. Ada 21 cerita pendek di dalamnya, baik yang pernah dimuat koran (tentu sudah diedit agar lebih baik) dan yang belum pernah dipublikasi.

Apa sih gotik? Gotik itu semacam horor, tapi horor di cerpen saya bukan horor MTV seperti itu. Tastenya berbeda, tapi saya percaya kamu akan suka, kok.

Mulai hari ini, 3 Agustus 2015, buku kumcer “Magi Perempuan dan Malam Kunang-kunang” sudah bisa kamu dapatkan di toko buku Gramedia dan lainnya. Harganya Rp 48.000. Bila kamu mau dapat diskon sebesar 20%, kamu bisa beli di toko buku online seperti @pengenbuku, @hematbuku20 atau @GrazeraCom, tentu belum ongkos kirim.

Aku menunggu reviewmu. Bisa mencolekku di akun Twitter @AlamGuntur atau facebook atau via blog ini. Ditunggu komentarmu saat baca buku ini, ya.

Salam []

By AlamGuntur Posted in cerpen

#SHORTSTORY – RAIN

Hujan - MetroTV

Photos of MetroTV

THE rain kept falling continuously. As if it was spilling from the sky. The wind was banging onto the edge of the house, rustling in tune with the rhythm of a leaf from then guava tree, the only one leave remaining in the compound. The voice of thunder echoing, as it was reflected by the concrete walls standing vertical towards the sky. That’s how it was since the last noon time muslim prayer. As if it was never going to stop.

Baca lebih lanjut

By AlamGuntur Posted in cerpen

Aku, Kamu, dan Jodoh di Secangkir Kopi

nuansacintaku.blogspot

Sumber foto nuansacintaku.blogspot

Apa kamu percaya secangkir kopi akan menciptakan kenangan demikian abadi untuk seseorang? Mungkin bagi kebanyakan orang, apalah arti secangkir kopi untuk sebuah kenangan? Kopi hanyalah kawan mengawali hari. Kopi hanyalah teman menikmati hujan. Namun bagiku tidak. Secangkir kopi adalah ingatan tentangmu yang terus bertumbuh laksana kanopi-kanopi pohon kopi yang terus memanjang dan berbunga serta berbuah.

Baca lebih lanjut

Nulis Cerpen #4MusimCinta Berhadiah #MusimyangBerceritatentangCinta

musim yg bercerita

foto dari akun @shabrinaws_

Haloo… kamu….!

Sudah tahukan kalau baru-baru ini aku merilis buku kumpulan cerita #MusimyangBerceritatentangCinta. Lihat foto di tulisan ini deh. Itu bukunya. Berisi 10 cerita pendek dan 2 novela dengan tema cinta dan problem wanita dewasa. Buku ini terbitan Elex Media Komputindo. Harganya Rp 39.800, tersedia di seluruh toko buku di Indonesia. Beberapa cerpen di dalamnya sudah pernah dimuat majalah Femina, Kartini, NooR, tabloid Nova, de el el. Loh, kok malah iklan buku 😀

Baca lebih lanjut

By AlamGuntur Posted in cerpen